Google Chrome Kalahkan Firefox dalam Statistik Browser Global

Untuk kali pertama secara global browser Chrome berhasil mengambil alih posisi Firefox.

Menurut hasil analisis terbaru dari StatCounter disebutkan secara global Chrome kini telah meraih pangsa pasar 25,69% pada bulan November, meninggalkan pesaingnya Firefox yang hanya meraup pangsa pasar 25,23%.

Secara keseluruhan browser Chrome memang hanya menduduki tempat kedua setelah Internet Explorer dengan pangsa pasar sebesar 40,63%.

Menariknya, selain menggusur Mozilla Firefox, laju pertumbuhan browser Chrome juga diprediksi bakal menjadikan browser ini pesaing yang nyata bagi Internet Explorer.

“Kita dapat melihat sebuah pertempuran menarik antara Microsoft dan Google ketika laju pertumbuhan Chrome menunjukkan bahwa itu akan menjadi pesaing yang nyata untuk Internet Explorer secara global,” kata Aodhan Cullen, CEO StatCounter seperti dikutip PULSAonline via techradar.

“Kami mengukur statistik penggunaan browser yang sebenarnya, bukan download, jadi Chrome untuk sementara telah sangat efektif dalam memastikan download, statistik kami menunjukkan bahwa orang-orang (yang mendownload) itu benar-benar menggunakannya untuk mengakses web juga,” lanjutnya.

Terkait dengan hasil statistik dari StatCounter, beberapa kalangan seperti sumber di The Verge mempertanyakan tingkat akurasinya. Pasalnya, berdasarkan laporan terbaru dari Net Applications, tercatat bahwa Firefox ada di urutan nomor dua dengan pangsa pasar 22%, sementara Chrome hanya berhasil meraih pangsa pasar 18% pada bulan November.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s